Header Ads

LightBlog

Gen Tertentu Dukung Penyebaran Kanker Payudara

Gen tertentu diperkirakan memainkan peran dalam penyebaran penyakit kanker di seluruh tubuh seorang perempuan, demikian hasil satu studi baru.

Para ilmuwan dari U.S. National Cancer Institute (NCI), yang melakukan kegiatan berdasarkan penelitian sebelumnya, menemukan dalam contoh tumor payudara pada manusia dan tikus bahwa tanda gen tertentu meramalkan peluang metastasis, kata studi tersebut, yang disiarkan di dalam jurnal Cancer Research, terbitan Januari.

Dalam studi itu, satu tanda gen pertama kali ditemukan pada tikus yang meningkatkan resiko metastasis
kanker payudara sebesar 20 kali lipat. Kemudian, para peneliti menemukan tanda gen yang sejalan pada manusia yang meramalkan kambuh atau kumatnya penyakit itu pada empat dari lima pasien kanker payudara.

Banyak ahli sebelumnya percaya metastasis terutama merupakan hasil dari mutasi yang bukan diwariskan pada jaringan kanker. Temuan tersebut dapat membantu para dokter menemukan pengobatan yang lebih baik dalam pengobatan kanker payudara.

"Studi kami sebelumnya dengan jelas menetapkan bahwa faktor warisan juga memainkan peran penting dalam perkembangan metastasis dan dapat membantu membedakan tumor mana yang memiliki kecenderungan untuk menyebar ke bagian tubuh lain," kata penulis studi itu, Kent W. Hunter, pemimpin Metastasis Susceptibility Section di NCI di Laboratory of Cancer Biology and Genetics.

"Pada masa depan, kami berharap akan dapat memastikan perempuan mana yang lebih mungkin untuk memiliki tumor yang akan menyebar, dan kami kemudian dapat menyesuaikan pengobatan khusus buat mereka, serta menghindari penggunaan pengobatan keras buat orang yang memiliki kemungkinan rendah untuk mengalami perkembangan," katanya.

"Studi lain memberi bukti tambahan mengenai peran gen yang diwariskan dalam perkembangan kanker payudara pada manusia," kata Hunter. (kpl/bun)

2 comments:

  1. kalo gak salah gen tsb terdapat pada badan region 8q22.


    * Originally posted on: Kamis, Maret 19, 2009

    ReplyDelete
  2. trimakasih, pakdejack!

    * Originally posted on: Jumat, Maret 20, 2009

    ReplyDelete