Pemicu kanker payudara pada pria

Jumlah penderita kanker payudara pria tidak sebanyak wanita, meski faktor pemicunya tidak jauh berbeda. Menurut American Cancer Society, mayoritas pasien pria yang terkena kanker payudara berusia 67 tahun.
Usia lanjut menjadi salah satu faktor pemicu kanker payudara pada pria. Namun, ada tiga pemicu lainnya, yaitu:

1. Radiasi
Pria yang telah terkena radiasi di bagian dada memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara, dibandingkan pria yang belum pernah terkena radiasi. Penelitian 'Male Breast Cancer Inscidence Among Atomic Bomb Survivors', yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menunjukkan, orang yang terkena radiasi bom atom di Jepang memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker payudara.

2. Hormon estrogen
Level estrogen yang tinggi menyebabkan peningkatan pembelahan sel payudara. Kondisi ini meningkatkan risiko kelainan sel yang dapat berkembang menjadi sel kanker. Pemicu peningkatan estrogen pada pria meliputi konsumsi obat-obatan, penyakit hati dan sindrom klinefelter. Obesitas juga dapat menyebabkan peningkatan kadar estrogen, karena sel-sel lemak diubah tubuh menjadi estrogen.

3. Genetik
Gen BRCA1 dan BRCA2 diketahui sebagai penyebab pada beberapa kasus kanker payudara. Mewarisi gen tersebut dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada pria. Menurut National Cancer Institute, seseorang yang keluarganya memiliki riwayat kanker payudara, memiliki risiko terkena kanker payudara sebesar 5-10 persen. American Cancer Society memperkirakan bahwa satu dari lima pria yang menderita kanker payudara, adalah kerabat dekat dari laki-laki atau perempuan yang juga mengidap kanker payudara.

VIVAnews | Pipiet Tri Noorastuti, Mutia Nugraheni

1 comment :

  1. kanker payudara tidak hanya menyerang kaum hawa. kaum adam gak bole enak-enak an nyantai tanpa khawatir dengan kanker payudara ini, karena pria juga bersesiko terkena kanker payudara meski lebih kecil.

    alasan lain kenapa kaum pria gak bole nyantai dengan penyakit ini karena tentu pria juga punya adik, kakak, sauidara perempuan, ibu, bahkan istri yang menjadi tanggung jawab dia. jadi kanker payudara momok bagi semua orang.

    ReplyDelete

Info Farmasi/Obat Kanker