Header Ads

LightBlog

Pengobatan Kanker Payudara Non-Bedah


Pengobatan kanker payudara dengan cara pengangkatan sel kanker (tumor) secara menyeluruh yang berakibat pada pengangkatan payudara, mulai ditinggalkan. Pengobatan demikian sering hanya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, namun tidak menyembuhkan pasien secara total.

Secara medis pasien tersembuhkan, tetapi kualitas hidupnya menurun akibat penyakit yang pernah dideritanya. Untuk itu, kini mulai dikembangkan strategi pengobatan kanker payudara secara terpadu. "Sekarang pengobatan nonbedah banyak dikembangkan.

Kecenderungan dari segi estetis penderita tidak mau cacat, sehingga pasien memilih pengobatan yang menjamin penghancuran sel kanker," kata Dr dr Med Didid Tjindarbumi SpB SpBOnk dalam Muktamar Nasional VI Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi) di Semarang, pekan lalu. Selama ini, kata Didid, pengobatan kanker payudara dengan cara pembedahan lebih dikedepankan dengan pertimbangan demi keselamatan pasien.

Dengan pembedahan untuk mengangkat sel kanker, diharapkan dapat menyelamatkan hidup pasien atau setidaknya kesempatan hidup pasien bisa lebih lama. Dalam praktiknya, meski tidak bisa 100 persen pasien kanker payudara terselamatkan dengan metode pengobatan seperti ini, banyak pasien yang mendapatkan kesempatan hidup lebih lama.

Aspek Estetika
Meski kesempatan hidup lebih lama, jelas Didid, belum tentu pasien dapat menikmati sisa hidupnya tersebut. Pengangkatan payudara sebagai efek pengobatan kanker payudara sering kali menyebabkan pasien stres, merasa minder, atau tersingkir, karena tidak sempurna lagi. Akibatnya, kualitas hidup mereka pun menurun. Mereka tidak lagi mempunyai semangat hidup seperti sebelum sakit. Ini menimbulkan dampak sosial yang luas pada keluarga, teman, dan di tempat kerja. "

Tren di luar negeri, lebih banyak dilakukan suporting terapi untuk penderita kanker payudara. Kalau toh operasi, tidak terlalu luas. Pengobatan lebih diarahkan ke pengobatan dengan kemoterapi, hormonal, dan imonoterapi. Dalam hal ini, aspek estetika menjadi salah satu pertimbangan penting selain penyembuhan pasien kanker payudara," ujar Didid. Namun, pengobatan nonbedah itu sering kali sulit dilaksanakan di Indonesia karena besarnya biaya yang dibutuhkan.

Tidak semua pasien kanker payudara mampu membiayai pengobatannya, apalagi dengan metode nonbedah. Sebagian besar pasien kanker payudara di Indonesia adalah kelompok masyarakat menengah ke bawah. Ada kecenderungan penderita kanker payudara semakin bertambah dari tahun ke tahun. Sebagai contoh, jumlah pasien kanker payudara yang dirawat di bagian bedah Rumah Sakit Umum Dokter Karyadi sejak tahun 1995 hingga 1999 meningkat sekitar 10 persen. Tahun 1995 jumlah pasien 107 orang, dan tahun 1999 meningkat menjadi 144. Dari sekian banyak pasien tersebut, 75 persen lebih berasal dari keluarga tidak mampu. Karena itu, pengobatan sering kali dilakukan dengan cara pembedahan.

"Harus dibiasakan back to basic, makan sayuran dan buah-buahan. Jangan makan daging lemak, santan, dan otak. Makanan yang banyak mengandung lemak, terutama lemak hewani, merupakan salah satu faktor untuk mendapatkan berbagai macam penyakit, termasuk kanker payudara. Yang paling baik adalah makanan berserat dan tidak mengandung lemak," jelas Didid. (IKA)

Sumber: KOMPAS 24 September 2005

1 comment:

  1. Obat Stroke Iskemik Herbal Alami adalah sebuah solusi untuk anda yang bingung mencari obat untuk mengatasi penyakit stroke, selain itu ada juga Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Herbal yang memang banyak dicari karena sekarang ini banyak sekali penderita penyakit stroke ringan. Obat Stroke Tradisional Alami Ampuh, memang sangat ampuh karena terbuat dari bahan-bahan tradisional. Obat Untuk Stroke Ringan Yang Manjur juga sangat ampuh untuk mengatasi stroke ringan. Untuk itu Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional sangat membantu sekali untuk pengobatan penyakit stroke. Obat Mujarab Untuk mengobati Penyakit Stroke merupakan sebuah obat mujarab yang banyak dijadikan alternatif oleh banyak orang, Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional dan Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Stroke ini sudah banyak membantu orang-orang yang mengidap penyakit stroke dengan menggunakan Obat Untuk Penyakit Stroke Paling Ampuh. Obat Herbal Untuk Penderita Penyakit Stroke ini sangat aman, karena terbuat dari bahan alami yang 100% herbal. Obat Tradisional Untuk Penyakit Stroke Berat pun tersedia untuk anda yang memang mengalmai stroke berat. Untuk itu baik Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Penyakit Stroke, Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Maupun Berat, ataupun Obat Herbal Yang Mampu Untuk Mengobati Penyakit Stroke sangat baik dan berkhasiat sangat tinggi untuk mengobati penyakit stroke hingga tuntas.

    ReplyDelete