Header Ads

LightBlog

Konsultasi Dokter Melalui Internet Lebih Terpercaya?

Lebih dari sepertiga warga di Inggris memilih mengakses internet untuk mendiagnosa kondisi medis yang mereka alami ketimbang berkonsultasi dengan dokter. Pernyataan tersebut tersimpulkan setelah hasil jajak pendapat yang dikeluarkan hari Senin (14 Januari 2008) di London menunjukkan bahwa 38 persen warga Inggris mencoba mendiagnosa permasalahan medis yang mereka derita dengan mencari jawabannya di internet.

Dari jajak pendapat yang diselenggarakan UKTV Style itu diketahui hampir 48% dari 2000 responden merasa sungkan berkonsultasi dengan dokter untuk masalah kesehatan seperti penyakit perut maupun penyakit yang berhubungan dengan seks. Namun tidak disebutkan secara rinci kenapa para responden tersebut memilih kosultansi via internet daripada bertemu langsung tatap muka dengan dokter untuk mengkonsultasikan masalah kesehatan mereka.

Tidak menutup kemungkinan gejala kebiasaan ini akan menular mempengaruhi ke masyarakat sosial di benua lain. Teknologi informasi komunikasi yang semakin canggih kian mendukung kemungkinan adanya proses untuk demikian. Fenomena ini merupakan akibat dari kemudahan yang didapat dari kemajuan teknologi. Dimana dalam kasus ini, manusia semakin mencapai tingkat efisiensi dan efektifitas dalam mandapatkan informasi khususnya mengenai kesehatan bahkan konsultasi penyakit tubuhnya secara aktual.

Kemudahan yang ditawarkan oleh internet untuk kegiatan sehari-hari kehidupan manusia semakin menguntungkan. Seperti halnya keuntungan yang dapat ditemuinya di jasa konsultasi medis di internet tanpa membuang-buang waktu dan energi yang semakin tak tergantikan nilainya. (DA)

Sumber: KlikDokter (Memuju Indonesia Sehat)


No comments