Header Ads

LightBlog

Perlu Perbaikan?

Tidak terasa, hampir setahun sudah blog ini ada di sini dan saya mulai bertanya-tanya dalam hati; selain untuk saya sendiri, sebetulnya seberapa jauhkah manfaat blog ini bagi pembaca?

Menurut HiStats, sampai tulisan ini dibuat blog ini sudah dikunjungi pembaca melalui 3.727 unit komputer yang berbeda (statistik ini mencatat kunjungan berdasarkan jumlah IP komputer yang digunakan - bukan jumlah penggunanya) kendati bisa saja beberapa di antaranya adalah orang yang sama namun menggunakan komputer yang berbeda. Sedangkan halaman yang dibaca - atau setidaknya dibuka - ada sebanyak 7.515.

Artinya, selama 10 bulan ini rata-rata kunjungan adalah 12 pembaca per-hari dengan jumlah rata-rata artikel yang dibaca sebanyak 24 halaman, atau sama artinya dengan setiap pengunjung hanya membaca 2 artikel per-hari, atau artinya lagi, ini bukanlah sebuah catatan yang istimewa.

Itu sebabnya mengapa sayapun bertanya-tanya sendiri di dalam hati; apa yang sebaiknya saya lakukan agar blog ini bisa lebih bermanfaat bagi pembaca?

HiStats juga mencatat bahwa dari jumlah itu, di samping kunjungan sahabat dari Indonesia - yang sudah tentu menduduki urutan terbanyak pertama, ternyata sahabat-sahabat blog ini juga berasal dari negara-negara yang tidak berbahasa Indonesia seperti urutan berikutnya: United States, Malaysia, Norwegia, Hong Kong, Pakistan, Singapore, Jerman, Australia, Jepang, Bangladesh, United Kingdom dst. (Lihat lebih detil, lalu pilih daftar berdasarkan negara atau kota). Hal ini membuat saya diam-diam berdoa semoga saja sahabat-sahabat ini adalah mereka yang juga berbahasa Indonesia. Sebab jika tidak, tentunya akan ada PR tambahan untuk halaman kembar blog ini.

Berbicara tentang PR - atau lebih tepatnya tentang bagaimana membuat blog ini menjadi lebih bermanfaat bagi pembaca inilah selanjutnya saya sangat mengharapkan kesediaan Anda untuk meluangkan sedikit saja waktu guna mengisi polling yang tersedia di bagian bawah halaman ini. Mohon juga bantuannya untuk memberikan tambahan komentar, pendapat, saran, info, kritik, dan hal-hal serupa agar paling tidak, saya tahu apa saja yang harus diperbaiki sehingga keberadaan blog ini nantinya bisa lebih baik dari sebelumnya.

Semoga permintaan ini tidak dianggap sebagai sesuatu yang berlebihan dan karenanya Anda tidak akan merasa keberatan untuk memenuhinya bukan? Atas kemurahan hati dan kunjungan Anda selama ini, tidak lupa tentunya saya ingin sekali lagi, dan berkali-kali lagi; mengucapkan terima kasih banyak.
Semoga bermanfaat!

Salam manis,
Mimi.

2 comments:

  1. kalaupun ada yg ingin dan sempat diperbaiki, saya ada usul (kl blm pernah dilakuin ya..):

    membuat blog di wordpress yg mengarahkan pembaca ke blogspot ini (kl blm lho ya mbak mimi..) dgn pertimbangan wordpress.com relatif lbh usable (mis. form komentarnya), aksesibel (lbh cepat loadingnya) dan semantik + standar web..lbh terstruktur lah pokoknya..
    jd bs aja bacanya di blogspot, tp komennya di wp.com.. :)

    jika memungkinkan, coba akses blog ini dan blogspot umumnya dgn koneksi lemot spt telkomnet instan..

    jika perlu lagi, bergerilya ke blog lain utk sekadar lbh mengenalkan keberadaan blog ini..sekalian jalan2..

    * Originally posted on: Jumat, Juni 13, 2008

    ReplyDelete
  2. hi Mimi..
    melihat banyaknya pembaca yang mampir di sini, sudah tentu dapat dipastikan bahwa blog ini pastilah banyak gunanya.
    menurutku blog ini bagus, selain informatif, juga enak dipandang. segar... :)

    * Originally posted on: Kamis, Agustus 07, 2008

    ReplyDelete