Header Ads

LightBlog

Bedah Penyelamatan Payudara

Dalam prasyarat lumpectomy, sebagian besar payudara bisa diselamatkan, pada dasarnya bentuk keseluruhan payudara bisa dipertahankan, dan tindakan pengobatan dilengkapi dengan radioterapi setelah pembedahan. Bedah penyelamatan payudara termasuk pengangkatan lokal, pengangkatan extensive lokal, dan pengangkatan satu kuadran payudara.

Syarat melakukan bedah penyelamatan payudara selain pasien yang masih berada pada stadium awal, dokter bedah harus cermat dan mahir dalam mengendalikan teknik pembedahan, dilengkapi dengan peralatan radioterapi, dan sistematis formal untuk jaminan pengobatan keseluruhan.

Untuk pasien bedah penyelamatan payudara, harus melakukan pemeriksaan formal seperti mamografi, USG, scan sinar inframerah. Bila dicurigai sebagai tumor ganas maka harus dilakukan pemeriksaan biopsy. Jika hasil biopsy negatif, tetapi dalam klinikal sangat dicurigai sebagai tumor ganas, maka harus dilakukan diagnosis frozen section.

Keunggulan bedah penyelamatan payudara
  1. Menyelamatkan sebagian besar payudara dapat meningkatkan kualitas hidup, memperbaiki fungsi lengan pasien, mengurangi komplikasi akibat pembedahan.
  2. Bisa memperbaiki dan memperoleh masa hidup yang sama seperti dalam terapi konvensional radical mastectomy.
  3. Bila terjadi kambuh di kelenjar payudara pasien setelah bedah penyelamatan payudara, masih bisa dilakukan mastectomy sebagai alternatif penyelamatan, sehingga masih bisa memperoleh masa hidup yang sama seperti dalam terapi radical mastectomy.
Syarat-syarat untuk melakukan bedah penyelamatan payudara
  1. Ukuran tumor tidak lebih dari 3 cm.
  2. Letak tumor dari puting payudara lebih dari 2 cm.
  3. Hasil pemeriksaan X-ray dan MRI menunjukkan tidak ada fokus kanker lain.
  4. Saat pembedahan dapat segera dilakukan frozen section untuk mendapatkan patologi, yang memastikan di sekitar lokasi pembedahan tidak terdapat sel kanker.
Apakah semua pasien kanker payudara sebaiknya melakukan bedah ini?

Penyelamatan payudara ada unsur adaptasinya, ada sebagian pasien layak dilakukan, tapi ada juga sebagian yang tidak layak dilakukan. Kalau ukuran tumor primer sebesar 5 cm atau kurang. selain itu jika lebih dari 5 cm, kita lakukan kemoterapi sebelum pembedahan agar tumor mengecil. Biasanya ukuran tumor kita kendalikan di bawah 3 cm dan di bawah ketiak tidak ada terlihat adanya pembesaran yang nyata, setelah itu baru dilakukan pembedahan. Dengan demikian bukan hanya hasil pembedahan bisa lebih bagus tapi juga sangat menguntungkan untuk pemulihan setelah pembedahan bagi pasien.

Larangan dalam melakukan bedah penyelamatan payudara
  1. Tumor terletak pada 2 kuadran berbeda atau lebih
  2. Hasil mamografi diffuse malignant micro calcification
  3. Tepi pembedahan tumor beberapa kali menunjukkan hasil positif.
  4. Pernah dilakukan radioterapi di daerah payudara
  5. Kanker payudara pada masa hamil
Jika kondisinya seperti di atas, maka tidak layak dilakukan bedah penyelamatan payudara, harus pada kondisi yang tidak seperti di atas, baru bisa dilakukan pembedahan.



1 comment:

  1. Halo teh Mimi, artikelnya menarik sekali. Tapi untuk bedah penyelamatan ini syarat2nya ternyata cukup banyak ya. Pada dasarnya hampir semua penyakit jika teridentifikasi sejak dini lebih mudah diatasi. Tetapi masih jauh lebih baik jika sehat. Tetap sehat ya teh, teriring doa untuk teteh sekeluarga, salam


    * Originally posted on: Kamis, Juli 02, 2009

    ReplyDelete