Header Ads

LightBlog

Kanker Payudara; Beware!

Jenis Baru Kanker – Teruskan ini kepada semua wanita dalam hidup Anda. Para ibu, anak perempuan, saudari, tante, bude, teman, sahabat, dan orang-orang terdekat Anda lainnya.

Pada bulan Nopember (2004?), satu jenis kanker baru ditemukan. Pada seorang wanita timbul sebuah bintik merah di payudaranya, hal ini sama seperti pada ibu-ibu muda yang sedang menyusui.

Karena mammogram (foto sinar-x payudara)-nya cerah, dokter mengobatinya dengan antibiotik untuk infeksi. Setelah 2 kali pengobatan, hal itu berlangsung menjadi lebih buruk, sewhingga dokter mengirimnyaa untuk difoto x-ray lagi. Kali ini mammogram-nya menunjukkan suatu gumpalan. Dari hasil biopsi didapati suatu penumbuhan yang bersifat ganas. Chemo (terapi kimia) dimulai untuk menciutkan perkembangan gumpalan itu; lalu dilakukan pembedahan (mastectomy); kemudian terapi kimia sepenuhnya; lalu radiasi. Kira-kira setelah 9 bulan pengobatan intensif, ia diberi surat keterangan sehat. Dia hidup sehat penuh setiap hari dalam kualitas hidup, bukan setelah efek Chemo. Ia memiliki waktu 5 bulan dan ia merencanakan setiap detail dari akhir hidupnya. Setelah beberapa lama hidup dengan mengkonsumsi morphine, akhirnya iapun meninggal. Dia meninggalkan berita ini untuk para wanita di manapun: Wanita, WASPADALAH pada segala sesuatu yang tidak normal pada tubuh anda, dan gigihlah untuk mendapatkan pertolongan sesegera mungkin.

Penyakit Paget
Ini adalah suatu bentuk yang jarang ditemui pada kasus kanker payudara. Adanya di bagian luar payudara, yakni pada puting susu dan aureole (lingkaran gelap di sekitar puting). Dimulai dengan munculnya bintik merah, kemudian menjadi luka dengan kerak di tepi luarnya.

Saya tidak pernah curiga itu kanker, tetapi demikianlah. Puting susu saya sepertinya tidak terlihat berbeda, tapi bintik merah itu mengganggu saya, dan karena itu saya ke dokter. Terkadang, terasa gatal dan nyeri, selebihnya tidak menyusahkan saya. Itu hanya terlihat jelek dan mengganggu, apalagi karena tidak bisa dihilangkan oleh semua krim (salep) yang dianjurkan oleh dokter saya dan para dokter radang kulit (dermatitis) pada mata saya tepat sebelum penjangkitan ini. Mereka rupanya prihatin tetapi sayangnya tidak memberi peringatan dini bahwa ini mungkin kanker.

Saya kira tidak banyak wanita yang mengetahui bahwa suatu luka atau bintik pada puting susu atau aureole mungkin merupakan kanker payudara. Pada saya dimulai sebagai sebuah jerawat merah pada aureole. Satu yang terbesar dari penyakit Paget dari puting susu adalah bahwa gejala-gejala yang timbul tidak berbahaya. Itu sering disangka suatu radang atau infeksi kulit, yang berakibat keterlambatan deteksi dan perawatan.

Apa gejalanya?
  1. Timbulnya kemerahan, keluarnya cairan, dan pengerasan kulit pada puting susu yang terus menerus menimbulkan rasa gatal dan terbakar.
  2. Nyeri pada puting atau di sekitar aureole dengan suatu daerah yang terlihat putih dan tebal di tengah-tengah puting susu.
  3. Biasanya berpengaruh hanya pada salahsatu puting.

Bagaimana diagnosanya?
Dokter yang melakukan pemeriksaan fisik biasanya akan menganjurkan untuk segera membuat foto mammogram dari kedua payudara. Timbulnya bintik kecil kemerahan, keluarnya cairan dan pengerasan kulit yang jelas-jelas menunjukkan dermatitis (radang kulit), patut membuat dokter mencurigai adanya kanker, terutama bila timbul rasa nyeri pada salahsatu payudara. Selanjutnya dokter akan meminta anda dibiopsi (pengambilan jaringan untuk diperiksa di bawah mikroskop) dari bagian yang terasa nyeri tersebut guna memastikan apa yang sedang terjadi.

Berita ini harus ditanggapi dengan serius dan diteruskan kepada sebanyak mungkin keluarga dan teman Anda; karena hal ini bisa menyelamatkan hidup seseorang.

Kanker payudara saya telah menyebar dan menjalar ke tulang-tulang setelah menerima mega dosis dari kemoterapi, 28 pengobatan radiasi dan makan Tamaxofin. Apabila sejak awal hal ini telah didiagnosa sebagai kanker payudara, sangat mungkin ia tidak akan menyebar ke mana-mana.

UNTUK SEMUA PEMBACA
Adalah sangat menyedihkan jika para wanita tidak menyadari tentang penyakit Paget. Apabila, dengan meneruskan berita ini ke sekeliling di e-mail, kita dapat membuat orang lain mengetahui hal ini dan bahaya potensialnya, maka kita sedang membantu para wanita di mana saja.

Mohon, bila Anda bisa, luangkanlah waktu untuk meneruskan berita ini kepada sebanyak mungkin pembaca, khususnya keluarga dan teman-teman wanita Anda. Ini hanya membutuhkan sedikit waktu, namun hasilnya dapat menyelamatkan hidup seseorang!

Sumber: Email Forward

No comments