Header Ads

LightBlog

Yoga Ringankan Derita Kanker Payudara

Senin, 8 September 2008 | 09:41 WIB

Hari ini KOMPAS menurunkan berita tentang kanker payudara sebagai berikut:


DARI mulai terdiagnosis hingga prognosis dan kemudian perawatan, wanita pengidap kanker payudara harus berjuang melawan rasa takut, lelah, depresi, dan sakit.


Namun, dari sebuah penelitian diketahui, yoga sanggup meringankan derita itu, setidaknya pada pasien kanker payudara tertentu. Disebutkan, yoga bahkan sanggup membantu proses penyembuhan kanker payudara.

Seperti dilaporkan Alternative Medicine, periset dari University of Texas, Amerika Serikat, yang mencermati 61 pasien kanker payudara yang selama enam minggu harus menjalani radiasi. Setengah atau 30 orang di antara mereka, selain menjalani radiasi, juga mengikuti kelas yoga dua kali seminggu.

Setelah enam minggu berlalu, setiap pasien disodori serangkaian pertanyaan perihal kesehatan mereka. Entah itu menyangkut kegiatan fisik atau aspek ketenangan jiwa, atau keduanya, wanita yang mengikuti kelas yoga selalu memberi nilai tinggi, yang berarti mereka jauh lebih sehat dan kuat ketimbang wanita yang tidak mengikuti pose Donward Dog dalam kelas yoga. Tidak ada salahnya untuk ikut-ikutan mencoba.
Silakan.



No comments