Header Ads

LightBlog

Sekali Lagi, Tentang Hak Pasien

Jika anda kerap berurusan dengan masalah-masalah teknis administrasi di Rumah Sakit, atau setiaknya pernah sesekali terlibat dengan urusan sejenis ini dan terpaksa mengalami situasi yang kurang menyenangkan, harap berbesar hati saja. Sebab anda bukanlah satu-satunya warga negara yang mengalaminya di Republik tercinta ini.

Banyak di antara kita, baik sebagai pasien atau keluarga pasien sebuah Rumah Sakit yang belum memahami dengan baik (dan benar) hak dan kewajibannya, sehingga dalam kondisi daruratpun acapkali terpaksa dihadapkan pada situasi-situasi yang boleh jadi sangat menjengkelkan, terutama bila sudah berurusan dengan masalah administrasi.

Oleh karenanya, pengetahuan menyangkut hal yang satu ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap kita agar apabila sewaktu-waktu terpaksa juga harus berurusan dengan Rumah Sakit, paling tidak kita tidak perlu mengalami hal-hal kurang menyenangkan seperti yang sering terjadi pada kebanyakan keluarga pasien di negeri ini.

Sayangnya, informasi tentang hal ini sangat jarang kita dengar, terutama dari jawatan, atau jabatan yang berwenang (lebih tepatnya jabatan yang bertanggungjawab) sehingga dengan sendirinya kita, selaku pasien atau keluarga pasien, dituntut untuk selalu pro-aktif mencari sendiri.

Untunglah masih ada orang-orang yang perduli akan hal ini seperti salahsatu di antaranya dr. Bahar Azwar SpB.K.Onk, sehingga apa yang harus kita cari-cari sendiri itu relatif masih mungkin kita dapatkan. Karenanya, sebagai tambahan dari informasi tentang Hak Pasien Di Rumah Sakit yang sebelumnya pernah diterbitkan di halaman ini, saya ingin mengajak sahabat semua untuk turut membaca beberapa artikel sejenis yang ditulis oleh dr. Bahar Azwar SpB.K.Onk sendiri di salahsatu situs yang diasuhnya; Suara Dokter.

Semoga bermanfat!


No comments