Momok Itu Bernama Dioxin

Campuran kimia yg bernama Dioxin - biasanya terdapat pada kemasan plastik - bisa menyebabkan kanker, terutama kanker payudara bagi wanita. Dioxin dianggap sangat berbahaya bagi sel-sel di tubuh manusia. 

Karenanya jangan pernah membekukan botol plastik berisi air karena hal itu akan menyebabkan terlepasnya Dioxin yang kemudian akan larut di dalam air minum.

Edward Fujimoto, Manager Program Kesehatan Rumah Sakit Castle mengumumkan bahaya Dioxin ini melalui siaran televisi nasional dan menjelaskan betapa bahayanya Dioxin bagi tubuh manusia. Dia menegaskan bahwa kita tidak boleh sekali-kali memanaskan makanan di microwave dengan menggunakan wadah apapun yang terbuat dari plastik, terutama untuk makanan yang mengandung lemak (fat).

Kombinasi dari lemak, gelombang panas tinggi dan plastik akan menyebabkan Dioxin menyelubungi makanan dan pada akhirnya masuk ke tubuh kita. Sebagai penggantinya ia merekomendasikan agar kita menggunakan wadah kaca seperti Corning Ware, Pyrex, atau keramik untuk memanaskan makanan. Hasilnya akan sama akan tetapi tanpa Dioxin. Makanan seperti cup-mie (instant ramen), makanan siap saji (tv-dinner) dll, tidak boleh dipanaskan didalam wadah plastiknya. Harus dipindahkan terlebih dahulu. Kertas tidak begitu berpengaruh, tapi kita tidak pernah tahu terbuat dari apakah kertas itu.

Paling baik adalah menggunakan wadah yang terbuat dari kaca. Ia juga menjelaskan bahwa belakangan ini beberapa restoran siap saji/fast food restaurants di negara-negara maju sudah tidak lagi menggunakan wadah plastik/steyroform. Penyebabnya adalah Dioxin. Hal lain yang diingatkannya adalah agar kita tidak menutup makanan dengan lembaran plastik seperti saran wrap sewaktu dipanaskan di microwave. Sebab saat makanan dipanaskan, gelombang panas tinggi menyebabkan racun menjadi meleleh dari plastik, masuk ke dalam makanan. Tutuplah makanan dengan kertas, tisue dapur atau paper towel.

* Dari John Hopkins Informasi ini diteruskan dari Walter Reed Army Medical Center

Post a Comment

Info Farmasi/Obat Kanker