Header Ads

LightBlog

Kanker Dan Buah Merah

Apakah buah merah itu? Buah merah (Pandanus conoideus) atau yang dikenal luas di Wamena dengan nama tawi atau sauk ekendi adalah tanaman asli Papua yang tumbuh di dataran rendah (40M dpl) sampai dataran tinggi (2.000M dpl). Namun populasi terbanyak terdapat di dataran dengan ketinggian 1.200M hingga 2.000M dpl.

Buah merah biasa tumbuh bergerombol dalam satu area, jarang tumbuh menyendiri. Buah merah tumbuh di daerah dengan suhu di bawah 17 derajat Celcius dengan curah hujan rata-rata 186 mm per-bulan dan jumlah penyinaran matahari 57% dan tekanan udara rata-rata 896 mb.

Tanaman Buah Merah termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan dgn pohon menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16m dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5 sampai 8 m yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah. Kultivar buah berbentuk lonjong dgn kuncup tertutup daun buah. Buah Merah sendiri panjang buahnya mencapai 55 cm, diameter 10-15 cm, dan bobot 2-3 kg. Warnanya saat matang berwarna merah maroon terang.

Walau sebenarnya ada jenis tanaman ini yg berbuah berwarna coklat dan coklat-kekuningan. Budidaya tanaman dipelopori oleh seorang warga lokal Nicolaas Maniagasi sejak tahun 1983, dan atas jerih payahnya tersebut mendapatkan penghargaan lingkungan hidup Kehati Award 2002. Buah merah sudah secara turun-temurun dikonsumsi oleh masyarakat Papua sebagai penambah energi dan daya tahan tubuh. Baca selengkapnya

No comments